Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online Yang SEO Friendly

Tips Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online Yang SEO Friendly

Cara Menulis deskripsi produk toko online yang SEO friendly – Bagi pemilik toko online tentu banyak menemui kendala ketika mau menulis deskripsi produk untuk toko onlinenya. Dan itu pastinya menjadi sebuah dilema tersendiri bagi pemilik toko online.

Kebanyakan mereka hanya memikirkan penjualan, maka dalam menulis deskripsi produk hanya di tulis dengan asal-asalan tanpa menerapkan factor SEO di dalamnya. Bahkan banyak yang menganggap bahwa memasukkan SEO ke dalam deskripsi produk maka hasilnya akan terasa aneh.

Baca juga: 6 Tempat Terbaik Untuk Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Website

Padahal kalau sobat tahu, bahwa dalam mengisi deskripsi produk dengan di padukan SEO itu justru akan semakin lebih baik untuk kepentingan website sobat. Jika sobat menerapkan SEO dalam deskripsi produk toko online sobat maka hasilnya website sobat akan lebih mudah terindex oleh mesin pencari. Sehingga kalau sudah mendapat peringkat dari Google dan berapa di halaman page one Google maka dengan sendirinya penjualan bisa sobat dapatkan tanpa harus melakukan promosi.

Buatlah deskripsi yang enak dan wajar yang enak di baca oleh Robot Google dan juga enak dibaca oleh manusia (human freandly).

Nah untuk itu pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menulis deskripsi produk yang SEO friendly untuk toko online.

4 Tips Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online yang SEO Freandly.

[1] Di bagian deskripsi dan meta description Tempatkan kata kunci yang terkait dengan produk Sobat

Suatu misal sobat ingin menambahkan produk yang bernama “Dobel  Tisu Manjakani dari ABE” di etalasi toko online sobat. Biasanya orang akan menulis deskripsi produk hanya menjelaskan fitur dan fungsi dari produk tersebut.

Nah agar deskripsi produk sobat terlihat enak dan mengandung unsur SEO, maka sobat harus menyertakan kata kunci di dalam deskripsi produk sobat tersebut. Tentunya kata kunci ini harus relevan ya dengan produk sobat ini.

Nah saya asumsikan sobat sudah melakukan riset kata kunci ya sebelumnya. Kalau belum tahu cara meriset kata kunci sobat bisa baca artikel yang sudah saya publish disini.

Misalkan kata kunci yang sobat dapatkan adalah “jual grosir tisu manjakani” maka sobat bisa tempatkan kata kunci tersebut di dalam deskripsi produk dan juga di bagian meta deskripsinya.

Sebagai contoh hasil untuk deskripsi produknya seperti berikut ini :

Kami jual grosir tisu manjakani dengan harga bersaing. Tisu manjakani ini terbuat dari herbal manjakai yang sudah teruji secara dermatologi sehingga aman untuk bagian organ intim kewanitaan anda, sekaligus memberikan aroma wangi dan merapatkan mis V anda. Dengan ekstrak buah manjakani dan yang pasti 100% bebas bahan kimia membuat daerah kewanitaan anda tetap bersih dan segar.

Nah terkait dengan jual grosir tisu manjakani ini kami menyediakannya dalam bentuk sachet dimana setiap sachetnya berisi 15 lembar. Tersedia juga dalam bentuk tisu basah dengan warna yang lain seperti pink, ungu, kuning dan putih. Harga kami bandrol dengan harga grosir yaitu hanya Rp 2.000 per sachet. Namun jika Sobat membeli dari kami minimal 12 lusin maka harganya menjadi Rp. 1.000 per sachet. Buruan di order.

Dan untuk meta deskripsinnya kurang lebih seperti berikut ini :

Jual grosir tisu manjakani produk dari ABE isi 10 sheet harga Rp 1.000 per sachet.  Tersedia varian warna yang lain. Klik di sini untuk info detailnya.

[2] Tempatkan kata kunci di kalimat pertama paragraf pertama dan usahakan merata

Setelah Sobat menempatkan kata kunci di bagian deskripsi produk dan meta deskripsi, langkah selanjutnya adalah menempatkan kata kunci yang sudah Sobat pilih pada kalimat pertama di paragraf yang pertama. Supaya Sobat tidak bingung dan mendapatkan gambarannya yang jelas, silakan Sobat lihat contoh gambar di atas yang kata kuncinya saya tandai dengan cetak tebal (bold).

Kemudian, sobat juga bisa meletakkan kata kunci yang sudah Sobat pilih merata, bisa diawal, di tengah dan di akhir sebuah paragraf supaya tidak ditandai sebagai spam oleh mesin pencari. Jika di taruh di tengah buat dengan tulisan miring (italic), dan di bagian akhir paragraph dengan garis bawah (underline). Sebagai contohnya sobat bisa lihat di artikel saya yang sedang sobat baca ini.

[3] Sisipkan link yang menuju ke halaman yang lain

Dalam menulis deskripsi produk di toko online, Sobat juga bisa menyematkan link menuju ke halaman produk lain. Bisa ke halaman yang masih satu domain (internal link), bisa juga ke halaman yang berbeda domain (eksternal link).

Ini bertujuan agar link yang masuk dan link ke luar website toko online sobat seimbang. Selain itu alasan lainnya adalah untuk meningkatkan jumlah backlink untuk website toko online sobat.

[4] Usahakan jumlah kata dalam deskripsi produk sobat minimal 300 kata

Agar deskripsi produk toko online sobat SEO friendly usahakan jumlah kata didalamnya minimal adalah 300 kata, lebih banyak akan semakin lebih bagus. Tetapi terkadang ada beberapa platform toko online yang membatasi jumlah karakter pada deskripsinya. Namun walau di batasi Biasanya platform tersebut juga memberikan alternative berupa long deskripsi. Nah sobat bisa menggunakan long deskripsi ini untuk menulis desekripsi produk yang jumlah kata nya lebih banyak.

Ternyata cukup mudah ya bagaimana cara menulis deskripsi produk toko online yang SEO friendly itu. Silakan Sobat praktekkan di toko online Sobat. Saya berharap agar artikel ini bisa bermanfaat untuk Sobat dan bisa mendatangkan penjualan untuk toko online Sobat. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *