Cara Export dan Import WordPress

Tip Cara Export dan Import Website WordPress

Halo sobat pembaca setia blog lariz.id semoga hari ini dalam keadaan sehat ya, amin. Pada kesempatan kali ini saya ingin membangikan tutorial cara export dan import website wordpress. Dimana langkah ini bisa anda lakukan ketika ada suatu permasalahan pada salah satu website temen-temen, lalu ingin memindahkan semua isi website tersebut ke website yang lain.

Nah, ini juga sering saya lakukan ketika dulu masih baru-barunya belajar secara otodidak membuat website, dimana banyak sekali kesalahan yang saya lakukan sehingga saya harus gonta-ganti website. Ya maklumlah namanya juga masih belajar hehe jadi masih banyak trial dan errornya. Tapi saya harapkan ini tidak terjadi pada temen-temen ya, cukup saya saja hehe.

Baca juga: Cara Membuat Garis Tepi Gambar di Photoshop

Cara Export dan Import Website WordPress

Baiklah biar isi artikel ini tidak bertele-tele kita langsung praktek saja ya. Untuk melakukan pemindahan website ini, langkah pertama yang harus temen-temen lakukan adalah dengan melakukan export semua konten yang ada pada website yang mau di pindah. Caranya cukup mudah yaitu silahkan masuk ke dalam dashboard wp-admin anda, lalu pilih menu Tools dan klik Export seperti pada gambar berikut.

Setelah itu akan muncul halaman seperti ini

Anda bisa mengexport semua konten yang ada di website lama anda, dengan cara pilih All Content. Atau bisa pilih secara terpisah, misalnya hanya postingan saja, halaman saja, produk saja, kontak form atau hanya medianya saja. Jika sudah silahkan klik Download Export File, maka akan terdownload file dari isi website yang akan anda pindahkan.

Langkah selanjutnya kini untuk mengimport file yang sudah anda download tersebut ke website yang baru, caranya juga hampir sama yaitu silahkan pilih menu Tools lalu klik Import

Maka jika anda belum menginstall plugin export worpdress akan terbuka halaman seperti berikut

Kemudian anda install dulu  dengan cara klik menu Insatll Now, jika sudah selesai maka akan seperti ini

Lalu untuk mengimport silahkan klik Run Importer

Kemudian cari file yang sudah anda download tadi, lalu klik Open

Lalu klik Upload file and import

Anda bisa memberi nama baru untuk usernya atau menggunakan nama user yang sudah ada, jangan lupa centang pada Download and import file attachments agar file gambarnya juga ikut di import, lalu klik Submit

Jika sudah selesai maka akan muncul halaman seperti diatas, lalu klik Have fun! selesai, anda bisa lihat sekarang semua file yang ada di website lama sudah berpindah ke website yang baru.

Baca juga: Cara Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia

Ok sobat itulah tutorial cara export dan import wordpress yang bisa saya share disini, semoga bermanfaat ya, jangan lupa untuk berbagi dengan share artikel ini ke temen atau sosilal media anda, jika ada pertanyaan silahkan kirim lewat kolom komentar dibawah. Selamat belajar.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *