6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

6 Tempat Terbaik Untuk Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Website

Menempatkan kata kunci (keyword) pada artikel adalah langkah kedua yang bisa sobat lakukan setelah sobat melakukan riset kata kunci. Ini merupakan salah satu dari teknik SEO yang banyak di ajarkan di tempat-tempat belajar SEO. Salah satu tempat belajar SEO yang saya rekomendasikan adalah DI SINI.

Cara menempatkan kata kunci yang tepat pada artikel website ini sangat penting untuk sebuah artikel sebab ini akan menentukan bagaimana search engine seperti Google akan menilai artikel tersebut dan menempatkanya di halaman pencarian mereka.

Banyak yang pandai dalam meriset kata kunci, namun tak jarang banyak juga yang tidak tahu bagaimana cara menempatkannya secara benar pada artikel mereka. Bahkan saya banyak menemui kasus dimana banyak yang mengajarkan cara meriset kata kunci dan list building, tapi lupa mengajarkan cara menempatkan kata kunci ini.

Untuk itu pada kesempatan kali ini suparnoblog ingin mengulasnya untuk sobat semua. Sebab cara menempatkan kata kunci yang tepat ini sangat penting, bahkan hamper sama penting dengan artikel itu sendiri.

Nah berikut ini adalah 6 tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci pada artikel.

Dengan Sobat mengetahui dan memahami tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci ini harapan saya adalah Sobat dapat membuat konten atau artikel dengan lebih baik lagi agar ketika Google mengunjungi blog atau website Sobat maka Google akan memberikan rangking terbaik untuk website Sobat.

Tapi sebelum itu Sobat bisa juga membaca terlebih dahulu bagaimana cara mencari dan menentukan kata kunci untuk blog dan toko online Sobat di sini.

6 Tempat Terbaik Untuk Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Website

Tidak usah perlu panjang lebar lagi, inilah 6 tempat terbaik tersebut :

  1. Judul / meta title
  2. Url
  3. Description
  4. Nama file gambar
  5. Internal link
  6. Konten

Yuk kita bahas satu per satu.

[1] Judul / Meta Title

Banyak yang beranggapan bahwa judul artikel dan meta title itu sama. Padahal anggapan itu sebetulnya salah, karena antara judul artikel dan meta title itu sangat berbeda. Salah satu perbedaan yang palng mencolok adalah judul artikel itu untuk di baca oleh manusia, sedang meta title itu untuk dibaca oleh robot google (mesin pencari).

Sebetulnya antara judul artikel dan meta title itu bisa kita buat berbeda. Tapi kebanyakan orang karena tidak mau repot, banyak yang menyamakan antara judul konten dan meta title ini.

Terkait dengan topic yang sedang kita bahas ini, agar artikel Sobat bisa cepat terindex oleh Google dan mendapatkan rangking yang baik di halaman pencarian, maka judul artikel dan meta title sebisa mungkin harus mengandung kata kunci yang sudah Sobat riset sebelumnya.

Sebagai contoh berbedaan antara judul artikel dan mete title ini bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini yaitu contoh artikel saya yang sudah masuk di halaman 1 dan di rangking 1 halaman pencarian Google dengan kata kunci “Cara Mengetahui Tema Yang di Pakai Website Orang Lain”.

6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

[2] Url

Cara menempatkan kata kunci pada artikel yang tepat yang ke dua adalah pada struktur url. Url sendiri merupakan serangkaian teks yang akan muncul pada addres bar browser Sobat.  Tujuan url ini adalah menjadi alamat dari suatu konten/ artikel.

6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

Agar Google cepat mengindex website Sobat dan kemudian memberikan rangking, maka sobat bisa menyisipkan kata kunci dalam struktur url yang sudah Sobat riset.

[3] Meta Description

Untuk lebih jelasnya mengenai Meta Description ini silahkan sobat lihat gambar dibawah ini.

6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

Nah, untuk menghasilkan meta deskripsi seperti itu bagi anda pengguna wordpress dan menggunakan plugin  Al In One SEO Pack, maka sobat bisa mengaturnya di bawah artikel sobat. Biasanya di situ sudah tersedia 3 kolom untuk mengisi judul, deskripsi dan kata kunci artikel sobat.

6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

Meta description dengan meta title memiliki tujuan yang sama yaitu untuk dibaca oleh mesin pencari. Sehingga isinya bisa sobat buat berbeda dengan konten yang Sobat buat. Namun lagi-lagi karena tidak mau repot banyak yang mengabaikan melakukan optimasi pada meta description ini.

Nah, salah satu optimasi yang bisa Sobat lakukan adalah dengan menyisipkan kata kunci yang sudah Sobat riset di kolom meta description pada plugin all in one seo ini. Jadi kesimpulanya meta description merupakan tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci pada artikel kita.

Baca juga : 10 Alasan Kenapa menggunakan email marketing pada bisnis anda

[4] Nama File Gambar

Ketika orang melakukan pencarian tidak melulu pada artikel saja. Ada juga mereka yang mencari gambar atau video. Jadi sobat bisa juga melakukan otpimasi dengan cara memberi nama file gambar atau video dengan kata kunci yang sudah sobat riset sebelumnya.

6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

Dengan cara melakukan optimasi pada gambar yang kita gunakan di artikel, dapat memberikan tambahan traffic yang cukup lumayan. Jadi agar ini bisa tercapai, maka di dalam judul gambar atau nama file sebisa mungkin harus mengandung kata kunci.

[5] Internal Link

Internal link adalah link yang mengarah atau menuju ke dalam website kita sendiri. Sebagai contohnya bisa cobat lihat pada contoh gambar artikel saya di bawah ini.

6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

Di situ terlihat ada kata yang berwarna biru, dimana kata tersebut sudah saya linkan ke halaman/partikel saya yang lain. Jadi ketika kata tersebut di klik, maka akan mengarah ke artikel atau halaman lain di website saya, itulah yang di sebut dengan internal link. Sedangkan kalau di website kita ada suatu kata yang kalau di klik mengarah ke website orang lain, maka itu disebut dengan eksternal link.

Ini juga merupakan salah satu cara teknik SEO untuk mendapatkan rangking di Google. Maka menempatkan kata kunci pada internal link sangat penting sekali dan bisa sobat coba. Ini juga merupakan salah satu strategi dalam membangun backlink.

Sehingga jika sumber yang di cantumkan linknya di artikel sobat tersebut reputasinya bagus, website sobat juga bisa ikut terangkat rangkingnya. Dan tentunya ini akan semakin baik untuk SEO website sobat.

Untuk membuat internal link ini Sobat bisa bekerja sama dengan orang lain, atau bisa juga dengan cara sendiri yaitu dengan cara membuat blog dummy yang banyak untuk menempatkan kata kunci pada internal link menuju website Sobat.

[6] Konten

Banyak orang bilang “Konten adalah raja”, maka tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci adalah pada konten atau artikel sobat. Bahkan jika sobat tidak pandai dalam SEO, asal artikel yang sobat buat berkualitas dan bagus, tetap bisa masuk kok ke halaman pencarian yang bagus terutama halaman 1 Google. Sebab algoritma google adalah melakukan pencarian berdasarkan relevansi.

Untuk itu, supaya mendapatkan hasil terbaik, konten atau artikel yang Sobat buat haruslah mengandung kata kunci yang sobat bidik dan sudah riset sebelumnya.

6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

Lalu apa?

Setelah Sobat tahu dan paham dimana saja tempat yang cocok untuk meletakkan kata kunci, maka yang perlu sobat lakukan adalah memastikan bahwa artikel yang Sobat buat itu berkualitas tinggi. SEO itu adalah konten, jadi kalau kontennya saja tidak berkualitas maka tidak akan bertahan lama. Untuk itu Sobat bisa mempelajari tentang apa saja kriteria suatu konten blog yang berkualitas tinggi itu disini.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang 6 tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci (keyword) pada artikel website. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *